Sabtu, 16 Februari 2013

Tips Memperbaiki Printer

 

printer infus 300x200 Tips Cara Memperbaiki Printer

Tips Cara Memperbaiki Printer

Berikut ini Tips Cara Memperbaiki Printer yang bisa anda pelajari. PRINTER yang sedang rusak sering membuat kesal. Namun ketika printer bermasalah, sebaiknya jangan gusar dan bingung. Bisa saja itu karena sedikit trobel dan bisa diperbaiki sendiri. Bila diperbaiki sendiri bisa, kenapa harus dibawa ke teknisi?

Sebelum dibawa ke tukang servis, tidak ada jeleknya kita cek sendiri. Ibaratnya sebagai pertolongan pertama dalam kondisi darurat. Berikut simpulan Tips Cara Memperbaiki Printer nya :

  1. Sebagai salah satu sinyal atau tanda printer bermasalah adalah lampu indikator berkedip. Ini artinya printer bermasalah. Hal ini bisa disebabkan kelebihan pengisian tinta. Untuk mengatasinya, sedotlah kembali tinta yang membludak dan dibersihkan head dengan tisu basah.
  2. Eror bisa juga karena port cartride basah. Bila ini yang terjadi cukup bagian ini dibersihkan dengan tisu kering atau kain halus.
  3. Sementara itu jika sensor port printer rusak. Jalan terbaiknya adalah membeli printer baru. Karena harga sensor tidak jauh berbeda dengan harga printer, itu pun belum tentu ada. Atau anda bisa mengganti sensor port tsb dengan printer yang sama mereknya yang sudah tidak dipakai/rusak tapi bukan pada sensor portnya.Membeli printer baru juga sama, bila kartridgenya rusak, karena harganya juga tak begitu jauh. Namun jika kartrid hanya kering karena lupa mengisi tak perlu ganti baru.
  4. Diakui atau tidak, terkadang kita teledor, sehingga lupa mengisi tinta. Jika terlanjur kering tentu akan bermasalah. Meski telah diisi ulang tapi hasil tidak sempurna karena head berkerak. Sebagai solusi, head kartrid bisa direndam dalam air panas sedalam kurang lebih 1/2 cm selama sekitar 1/2 jam. Kalau perlu, juga ditiup dari lubang atas. Dapat juga direndam dalam alkohol sebagai pengganti air panas. Jika tidak berhasil, baru dibawa ke tukang servis. Biasanya, teknisi punya alat penyedot khusus untuk masalah itu.
  5. Sebagai catatan, beberapa pabrikan merancang cartride dan printer hanya dapat digunakan untuk jangka atau jumlah pencetakan tertentu, sehingga jika telah mencapai titik batas, printer tidak dapat digunakan lagi. Karena, di dalam printer dipasang chip khusus untuk merekam semua perjalanan printer Anda. Solusinya, jika software printer sudah terpasang silakan di-remove / Di Reset. Caranya Cabut semua kabel printer ke CPU. Siapkan CD drive printer. Kemudian pasang kembali kabel printer tadi ke CPU, beberapa saat komputer meminta drive, pada saat itu masukkan CD drive ke CD room, setelah drive printer terinstal, segera keluarkan CD drive. Tujuannya, Software pendukung printer lain tidak terinstal. Jika sudah terlanjur diproses, tunggu sampai tampilan cancel dan next, lalu silakan klik cancel dan keluarkan CD drive. Bila langkah itu tidak berhasil, cabut kabel printer. Selanjutnya pencet tombol on off dan tancapkan kembali kabel printer, tahan pencetan sekitar 10-15 menit dan lepas. Cara itu akan mereset printer sehingga memori cip terhapus.

Jika belum berhasil juga, silahkan bawa ke teknisi. Di sana biasanya ada software khusus untuk mereset chip printer. Disarankan, jika membawa printer dengan bersepeda motor, cartride dilepas. Atau lebih baik disedot tintanya. Cara ini untuk menjaga agar kartride tidak rusak. Demikian Tips Cara Memperbaiki Printer semoga bermanfaat

http://alifauzan.web.id/tips-cara-memperbaiki-printer.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberikan kritik dan saran, terimakasih