Senin, 01 September 2014

– Perkembangan teknologi komunikasi khususnya pada smartphone yang semakin canggih ternyata juga berimbas pada hardware yang digunakannnya, salah satu contohnya adalah komponen layar. Jika sepuluh tahun yang lalu, perangkat telpon masih menggunakan layar berjenis monokrom, kini sudah ada bermacam layar dengan kemampuan menampilkan warna hingga 16 juta warna. Saat ini jenis layar yang populer digunakan pada smartphone adalah AMOLED, TFT, dan IPS LCD. Ketiganya menawarkan beberapa kelebihan ketika diaplikasikan pada smartphone, lalu apa perbedaan AMOLED, IPS LCD dan TFT ? untuk mengetahuinya berikut ini hargadroid berikan pengertian serta kelebihan kekurangan masing-masing :

Layar AMOLED
AMOLED merupakan kependekan dari Active Matrix Organic Light Emitting Diode. AMOLED dipopulerkan oleh Samsung, sejatinya layar jenis ini merupakan perkembangan dari OLED. OLED memiliki komponen padat berupa film tipis yang mengandung molekul organik. Komponen ini akan menyala ketika teraliri listrik.

Kelebihan layar AMOLED

  • Kecerahan warna yang sangat tinggi

  • Warna hasil foto atau video tampak stabil berkat adanya pengaturan warna RGB

  • Lebih hemat daya sampai 40% dibanding layar jenis TFT

  • Terlihat jernih walau terpapar sinar matahari.

Kekurangan layar AMOLED

Perangkat yang menggunakan AMOLED memiliki harga yang relatif tinggi, karena teknologi layar ini terbilang masih baru.

IPS LCD
IPS LCD mulai populer sejak kemunculan layar sentuh dan sistem operasi Android, biasanya layar jenis ini kita jumpai pada smartphone kelas menengah ke atas. IPS (In Plane Switching) adalah teknologi panel LCD yang dapat menampilkan warna lebih cerah. IPS LCD memiliki kelebihan pada hasil gambar fotografi yang sangat bagus. Namun IPS LCD memiliki kekurangan dengan menghabiskan konsumsi daya yang cukup besar, selain itu kecerahan yang dihasilkan tidak terlalu sempurna.

TFT
TFT atau Thin Film Transistor  adalah layar yang sudah umum dijumpai pada perangkat ponsel. Layar jenis ini menggunakan teknologi LCD yang memberikan resolusi serta kedalaman warna yang cukup baik. Kelebihan layar TFT adalah memiliki tampilan yang tajam dan respon sentuh cukup cepat. Hanya saja layar TFT memiliki kekurangan di sektor konsumsi baterai yang boros.

Itulah perbedaan antara AMOLED, IPS LCD dan TFT. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan dapat digunakan sebagai rujukan sebelum Anda memutuskan untuk memilih perangkat smartphone.

http://www.hargadroid.com/2013/12/perbedaan-amoled-ips-lcd-dan-tft-mana-yang-lebih-bagus.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan memberikan kritik dan saran, terimakasih