Jumat, 01 Maret 2013

Cara Menginstal Dual Boot Ubuntu 12.10 - Windows 7 di Notebook

 

 ubuntu-12.10

18 Oktober lalu Ubuntu 12.10 Quantal Quetzal telah resmi dirilis dengan membawa banyak sekali perubahan dan dukungan untuk teknologi terbaru. Pada artikel kali ini SmilePedia akan memberikan tutorial bagaimana cara menginstal Ubuntu 12.10 dengan Windows 7. Menginstal Ubuntu 12.10 sangatlah gampang karena proses penginstalan menggunakan interface yang user friendly.


langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan menyiapkan partisi kosong secukupnya untuk menginstal Ubuntu. Pengguna baru yang belum pernah menginstal OS Linux sebaiknya mempelajadi terlebih dahulu proses pembuatan partisi untuk menghindari risiko kehilangan data atau terhapusnya OS lain yang sudah terinstal. Anda juga dapat merujuk ke artikel ini untuk mempelajari cara pembuatan partisi.


Kedua, siapkan dulu live DVD/USB installer Ubuntu 12.10 yang akan Anda gunakan. Pada tutorial ini saya menggunakan USB untuk menginstal Ubuntu 12.10. Bagi yang ingin membuat installer via USB silahkan Anda pelajari halaman ini. Anda yang belum memiliki file iso Ubuntu silahkan download di halaman ini.


Untuk pemula, backup dulu file-file dan dokumen penting milik Anda ke media lain karena data dan file-file yang Anda hapus selama proses instalasi tidak dapat dikembalikan lagi alias lenyap.


Lakukan booting pada live DVD/USB Ubuntu 12.10. Ketika masuk ke layar selanjutnya pilihlah "Try Ubuntu Without Installing" untuk memastikan apakah Ubuntu berjalan pada perangkat Anda.


Setelah Anda masuk ke desktop Ubuntu, Anda dapat mencicipi terlebih dahulu sebelum OS ini diinstal. Jika sudah puas dan yakin ingin diinstal, double klik icon "Install Ubuntu 12.10"  pada desktop.

Pada jendela yang muncul, pilihlah bahasa yang Anda sukai atau biarkan dalam pilihan default (english). Klik "Continue" untuk lanjut ke langkah berikutnya.

Pada jendela selanjutnya yang muncul, klik saja "Continue" untuk melanjutkan. Karena halaman ini hanya untuk memeriksa kesiapan perangkat Anda. Saran saya putuskan saja koneksi internet karena jika Anda menginstal third party software akan membuat proses instalasi sangat lama.

Pada jendela Wireless, pilih opsi "I don't want to connect to a wi-fi network right now" lalu klik Continue.

Pada jendela Installation type, karena kita akan menginstal dual boot maka pilih opsi "Something else".

Nah, pada langkah ini Anda dihadapkan pada susunan partisi hardisk. Pada langkah ini berhati-hatilah agar tidak terjadi kesalahan memilih partisi yang Anda gunakan untuk menginstal Ubuntu karena jika salah maka isi partisi itu akan lenyap. Anda harus mengingat-ingat ukuran partisi yang telah Anda buat sebelumnya.


Jika sudah yakin, pilihlah partisi yang akan Anda gunakan lalu tekan tombol minus (-) untuk menghapus partisi sehingga Anda mendapatkan partisi "free space". Kemudian pilih partisi free space tersebut dan klik tombol (+) untuk membuat partisi baru.

Setelah tombol (+) maka akan muncul jendela Creat partition. Partisi pertama yang akan kita buat adalah partisi "swap". Pada opsi "Size", isikan kapasitas swap sesuai kebutuhan Anda. Pada contoh ini saya mengisikan swap sebesar 1025 MB atau sekitar 1 GB. Kemudian pada opsi yang lain Anda sesuaikan dengan gambar. Pada opsi "Use as" silahkan pilih "swap area" pada drop down menu. Klik OK jika sudah selesai.

Pilih lagi partisi free space dan klik tombol (+) untuk membuat partisi root (/). Pada jendela Creat Partition, tentukan ukuran root dalam satuan MB pada opsi "Size". Partisi root ini adalah partisi tempat dimana sistem akan diinstal. Jika pada Windows, partisi root sama dengan partisi C. Contoh ini saya mengisikan 35000 MB atau 35 GB untuk sistem saya. Pada opsi "Use as", pilih "Ext4 journaling file system" dan pada opsi "Mount point" pilihlah tanda "/". Opsi yang lain sesuaikan dengan gambar.

Nah, partisi terakhir yang akan kita buat adalah partisi home. Partisi ini bersifat pilihan, maksudnya Anda tidak harus membuatnya secara terpisah dengan partisi "/". Namun agar lebih baik jika kita membuat partisi "/home" terpisah dengan "/". Pilih partisi free space sekali lagi dan klik tombol (+). Pada jendela Creat Partition, tentukan besar ukuran partisi /home yang akan Anda buat. Pada contoh ini saya menggunakan semua sisa yang ada yaitu sebesar 39789 MB. Untuk opsi yang lainnya, Anda sesuaikan dengan gambar di bawah ini dan jangan lupa pada opsi Mount point Anda pilih "/home".

Akhirnya semua partisi sudah selesai di buat, tekan tombol "Install Now" untuk menjalankan instalasi Ubuntu 12.10...

Pada halaman "Where are you?", masukkan kota tempat Anda tinggal dan klik Continue.

Pada halaman ini (Keyboard layout), biarkan dalam pilihan default.

Isikan identitas pribadi dan password Anda pada halaman "Who are you?". Lihat contoh gambar.

Pada halaman "Choose picture", Anda diminta untuk memilih gambar user. Anda dapat memilih gambar yang sudah disediakan atau mengambil gambar melalui kamera.

Jika semua langkah di atas selesai, Anda hanya tinggal menunggu proses instalasi Ubuntu 12.10 selesai.

Finally, setelah proses instalasi selesai restart komputer Anda dengan meng-klik tombol "Restart Now" pada kotak dialog "Installation Complete".

Ketika komputer sudah hidup kembali, pilihlah Ubuntu pada menu grub yang muncul untuk masuk ke sistem operasi Ubuntu yang baru saja Anda instal dan selanjutnya Anda akan dibawa ke desktop Ubuntu 12.10 yang siap Anda gunakan.

http://smilepedia.blogspot.com/2012/11/cara-menginstal-dual-boot-ubuntu-1210.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan memberikan kritik dan saran, terimakasih