Jumat, 08 Maret 2013

5 Distro Linux Untuk Netbook

 

Seperti kita ketahui bahwa netbook (mini laptop) memiliki resources atau daya yang sangat terbatas sehingga kadang menjadi kendala ketika menjalankan windows vista atau windows 7 di netbook. Kebutuhan hardware yang tinggi sebagai syarat menjalankan windows vista atau windows 7 membuat netbook dengan ukurannya yang kecil menjadi menurun performanya. Untuk itu biasanya tetap digunakan Windows XP untuk dapat berjalan dengan baik di netbook tetapi anda juga bisa mencoba alternatif system operasi lain, yaitu Linux khususnya distibusi linux untuk netbook. Jika dibandingkan dengan Windows XP, Distro linux Netbook ini lebih ringan dari penggunaan sumber daya Si mini ini sehingga memungkinkan Netbook tidak cepat kehabisan tenaga.

Namun sebelum menginstal distro linux di netbook, Anda harus lakukan beberapa pengecekan pada distro-distro linux tersebut tentang persyaratan sistem (system requirements) dan fitur-fitur apa saja yang dibawa. Dibawah ini ada 5 daftar distro linux yang disesuaikan untuk netbook dan memberikan kinerja yang mengagumkan untuk netbook:

1. Ubuntu Netbook Remix

Ubuntu Netbook Remix 9.04 merupakan platform terbuka yang paling kaya fitur untuk netbook. Dioptimalkan untuk dapat berjalan di perangkat internet-centric yang disebut sebagai netbook dengan harga terjangkau. Ini mencakup antarmuka grafis terbaru yang nyaman dan memungkinkan pengguna dengan mudah mendapatkan aplikasi favorit secara on-line dari situs ubuntu.

Download Ubuntu Netbook Remix

ubuntu_netbook_10-04

2. Linpus Lite

Versi baru dari Linpus Linux Lite menambah pengalaman pengguna ke tingkat berikutnya. Tampilan desktop yang hidup dan memberikan akses cepat ke situs favorit, alat komunikasi, aplikasi dan multimedia, menambah pengalaman berkomputer dengan teknologi canggih yang memungkinkan grafis 3D lebih hidup.

Download Linpus Lite

linux netbook

3. Mandriva Linux One

Mandriva Linux adalah salah satu distro yang terbaik dalam proses instalasi maupun saat uji coba system operasi linux. Sebuah CD Linux Mandriva rasanya sudah cukup untuk pengguna Linux untuk menambah pengalaman baru, karena Mandriva mengemasnya dalam sebuah system operasi yang cepat untuk men-download dan menginstal, dan juga aman untuk mencoba dengan modus live CD tanpa instalasi. Installasi Mandriva Linux One hanya dalam beberapa klik mudah dengan applikasi desktop yang lengkap dan dukungan penuh untuk perangkat hardware (driver).

Download Mandriva Linux One

Mandriva Spring

4. gOS

Ini mungkin yang dulu disebut google OS, tapi yang saya baca gOS tidak ada hubungannya dengan google. Distro linux ini dipuji sebagai yang paling indah dan termudah dalam penggunaan sistem operasi Linux. Sekarang dengan versi ketiga, gOS berupaya untuk menciptakan sebuah distro Linux yang terbaik.

Download : gOS

gOS

5. Slax

Slax adalah sistem operasi Linux modern, portable, ringan dan cepat  dengan pendekatan modular dan desain yang luar biasa. Meskipun ukurannya kecil, Slax menyediakan koleksi bermacam-macam software pra-instal untuk penggunaan sehari-hari, termasuk antarmuka pengguna grafis terorganisir dan tool recovery yang berguna untuk administrator sistem.

Download Slax

Linux slax

Tentu saja masih banyak sekali distro linux lainnya yang ringan dan cocok untuk netbook anda, nanti kita lanjutkan diartikel berikutnya, selamat mendownload dan silahkan mencoba linux.

http://jarlok.com/download-5-distro-linux-untuk-netbook/#.USmhU91IWyQ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan memberikan kritik dan saran, terimakasih